SISTEM TANAM PADI TABELA, SOLUSI PERUBAHAN IKLIM - Petani Udik

Recent Posts

ads

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 31 Maret 2018

SISTEM TANAM PADI TABELA, SOLUSI PERUBAHAN IKLIM


tabela

Perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir ini sangat mempengaruhi sektor pertanian. Perubahan iklim jangka panjang ini memungkinkan terjadinya penurunan produktivitas, stabilitas dan pendapatan pada daerah yang mengalami ketidak-tahanan pangan. Musim produksi bisa bergeser, pola tanam berubah, serangan hama dan penyakit pun dapat berubah. 

Melalui kegiatan Sekolah Lapang bagi petani, penyuluh pertanian dapat melakukan kegiatan pemberdayaan petani, dengan menyampaikan informasi mengenai iklim dan antisipasi serta adaptasi untuk mensiasati adanya perubahan iklim tersebut. Salah satunya dengan mensosialisasikan tanam padi sistem TABELA (Tabur Benih Langsung).

Tanam padi dengan sistem tabela ini dapat menjadi alternatif, karena memberikan beberapa keunggulan dari cara tanam konvensional karena dirasa lebih efisien, khususnya pada saat musim kemarau. Pada sistem tabela ini, sebelum benih ditabur ke lahan terlebih dahulu di kecambahkan di dalam karung yang basah selama 2 hari sampai calon akarnya kelihatan, kemudian barulah dimasukkan langsung ke lahan dalam lubang-lubang yang dibuat terlebih dahulu menggunakan kayu sederhana (tugal) yang berfungsi sebagai alat pembuat lubang dan sekaligus untuk mengatur jarak tanam. 

Beberapa keuntungan budidaya padi dengan sistem tabela diantaranya : 
  1. Sistem tabela memastikan jarak tanam lebih tepat dan teratur sehingga produksi yang diperoleh petani lebih banyak sekitar 500 – 1000 kg gabah kering per hektar bila dibandingkan dengan sistem persemaian. Konsekuensi yang diperoleh dari jarak tanam yang teratur akan mengurangi kompetisi untuk mendapatkan faktor-faktor produksi antar tanaman. Yang terpenting adalah bahwa jarak tanam yang tepat dan teratur akan menyebabkan Leaf Area Indeks (LAI) yang optimum karena semua lapisan daun sempurna sehingga proses fotosintesis tanaman dapat berlangsung secara optimal. Keadaan inilah yang dapat menunjang kenaikan produksi lebih tinggi pada sistem budidaya padi dengan menabur benih langsung tanpa melewati proses persemaian.
  2. Sistem tabela menyebabkan tanaman terhindar dari proses transpirasi yang berlebihan yang dapat menyebabkan kelayuan saat kekurangan air.
  3. Sistem tabela membuat Tanaman terhindar dari stagnasi dan terhindar dari proses penggabungan akar yang biasa terjadi saat transplanting sehingga banyak akar yang rusak dan putus.
  4. Sistem tabela kebutuhan tenaga kerja penanam untuk luasan 1 hektar adalah lima orang tenaga kerja dengan waktu ± 4 jam sehingga besar biaya akan jauh lebih murah ( ± Rp. 125.000) jika dibandingkan dengan budidaya sistem persemaian. Dengan sistem tabela dapat menghasilkan 6 – 6,5 ton gabah, sedangkan melalui sistem persemaian konvensional menghasilkan 5 – 5,5 ton gabah.

Di poktan Mojoranu desa Tanggalrejo kec. Mojoagung, pada tanggal 27 Maret 2011, lahan seluas 0,5 ha milik saudara M. Sholikhin (0,2 ha) dan lahan milik saudara Kafidz (0,3 ha) telah dilaksanakan tanam padi sistem tabela (tabur benih langsung). Jumlah benih yang dimanfaatkan untuk lahan 0,5 Ha sebanyak 4,5 Kg, sampai dengan tanggal 10 Mei 2011 jumlah anakan sebanyak 55 - 60 per rumpun dengan penyiangan dilakukan sebanyak 2 kali. 

Pada lahan yang ditanam dengan sistem tabela tidak terkena asem-asemen, sementara lahan sekitar yang tidak menggunakan sistem tabela ini banyak terkena asem-aseman. Dengan melihat keberhasilan tanam sistem tabela di poktan Mojoranu, petani sekitar yang lahannya terkena asem-asemen ada yang dibongkar, kemudian meniru system ini. Kekurangan dari sistem tabela ini terjadi ketika padi baru di tanam terjadi hujan deras, karena benih bisa tercecer kemana-mana, akan tetapi petani di poktan Mojoranu bisa menyiasati hal tersebut. 

(Ir Bambang PHS - KJF Penyuluh Dinas Pertanian Kab. Jombang)

1 komentar:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot